A

6 Jenis Teh Yang Menyehatkan



009832


[imagetag]

Teh adalah minuman yang paling banyakdikonsumsi di dunia. Ada beberapa macam jenis teh yang memiliki kandungan dankegunaan masing-masing. Berikut 6 jenis teh yang menyehatkan seperti dikutipdari Foxnews:

1. Teh Hitam

Jenis teh ini yang paling banyak dikonsumsioleh masyarakat dunia, hingga 75%. Tehjenis ini asalnya dari tanaman Camellia sinensis yang digulung dandifermentasi, lantas dikeringkan. Rasanya agak pahit, dan mengandung palingbanyak kafein dibanding jenis teh lain. Kandungan antioksidannya baik sekaliuntuk menurunkan kolesterol. Minum teh ini 3-4 cangkir sehari, bisa mengurangiresiko stroke 21%.

2. Teh Hijau

Cara pengolahan teh hijau beda dengan tehhitam. Mereka dikeringkan dan dipanaskan tanpa melalui fermentasi. Kandungankafeinnya lebih rendah dari teh hitam. Antioksidan jenis katekin yang ada dalamteh hijau ampuh mencegah penyakit kanker dan jantung. Mengkonsumsi 1 cangkirsehari mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular hingga 10%.

3. Oolong Teh

Pengolahan Oolong teh hampir sama denga tehhitam, hanya proses fermentasinya lebih pendek. Minum teh jenis ini bergunauntuk menurunkan berat badan, sebab Oolong mengaktifkan enzim yang bertanggungjawab untuk melarutkan trigliserida, bentuk lemak makanan yang disimpan dalamsel lemak.

4. Teh putih

Rasa teh putih sangat ringan, sebab diprosesdari daun teh yang sangat muda/pucuk. Kadar kafeinnya pun rendah. Sertaantioksidannya tinggi sebab proses pengolahannya sangat sederhana. Hanyadikeringkan saja. Manfaatnya juga baik untuk pencegah sakit kanker dan jantung,serta juga diabetes.

5. Teh kemasan dengan perasa

Jenis teh ini biasanya lebih praktis, sebabbisa langsung diminum. Perasa yang ditambahkan juga dapat menambah selerameminumnya, hanya saja, kandungan gula atau pemanisnya yang kurang baik bagimereka yang mengidap penyakit diabetes. Kandungan antioksidannya juga sangatrendah, hingga lebih baik meminum teh seduh.

6. teh herbal

Biasanya, isi dari teh herbal kemasan itubukan berasal dari daun teh, melainkan daun atau buah kering lain yang diklaimbermanfaat bagi kesehatan. Cara penyajiannya yang mirip dengan teh, dengandiseduh dan menghasilkan warna merah, yang membuat nya dinamakan teh herbal.Kandungannya tergantung pada isi dari teh herbal tersebut. Ada yang berasaldari daun sirsak, atau daun dewa.

0 Response to "6 Jenis Teh Yang Menyehatkan"

Posting Komentar