A

Inilah Ide Awal Bung Karno Bangun Gbk



[imagetag]

Inilah Ide Awal Bung Karno Bangun Gbk Stadion Gelora Bung Karno adalah salah satu stadion terbesar milik Indonesia yang berada di Jakarta. Mindtalkers tahu nggak, asal muasal Presiden Soekarno membuat stadion GBK di Jakarta? Ide awalnya pun muncul saat beliau sedang berada di Moskow.

Saat itu, Bung Karno terpikat dengan kemegahan bangunan stadion pusat di Lenin, Moskow. Ia pun memberikan tantangan pada seluruh arsitek di Uni Soviet untuk merancang sebuah stadion olahraga yang bisa melindungi semua penontonnya dari hujan dan juga panas matahari.

009832


[imagetag]

Hampir semua arsitek tersebut mengatakan jika tantangan Bung Karno sangatlah tak lazim dan sulit. Menurut para arsitek tersebut, lazimnya stadion hanya bisa dirancang dengan atap sebagian saja. Namun, Bung Karno tetap optimis menjalankan keinginannya itu.

Bung Karno pun membuat model temu gelang di stadion yang akan dibuatnya di Jakarta tersebut. Temu gelang ini adalah sebuah atap yang menyambung secara melingkar mengikuti lintasan olahraga guys! Desain atap seperti inilah yang kemudian digunakannya saat membangun Gelora Bung Karno, di Senayan, Jakarta.

Meski begitu untuk mewujudkan setiap ide dan karya arsitekturnya, Bung Karno selalu dibantu oleh arsitek Istana, Raden Mas Soedarsono, F. Silaban dan Insinyur Soetami. Wah, ternyata Bung Karno juga Presiden yang memiliki ide cemerlang di jamannya.

[ sumber ]

0 Response to "Inilah Ide Awal Bung Karno Bangun Gbk"

Posting Komentar