A

Tips Memilih Bimbingan Belajar yang Tepat



009832


[imagetag]




Bimbingan belajar (Bimbel) kini telah menjadi tren di masyarakat, umumnya masyrakat perkotaan. Orang tua pun saat ini berlomba-lomba mencari bimbel yang berkualitas untuk anaknya. Di lain sisi bimbingan belajar saat ini sudah sangat menjamur dan sangat banyak sekali. Hal ini tentu akan memusingkan orang tua untuk menentukan bimbingan belajar yang berkualitas. 



Berikut adalah tips singkat dalam memilih bimbingan belajar yang tepat untuk siswa/i.



Pertama, Bimbel yang dipilih tentunya harus mengutamakan kebutuhan siswa/i dalam belajar. Hal ini mengingat banyak sekali bimbel yang memiliki kurikulum tersendiri yang menyebabkan kebutuhan anak kurang terlayani dengan sebaik mungkin.



Kedua, Pilihlah bimbel yang menyediakan jumlah siswa perkelas yang sedikit. Mengapa hal ini penting? mengingat kenyaman belajar akan timbul ketika jumlah siswa yang sedikit. Saat ini banyak bimbingan belajar yang menyediakan siswa perkelasnya 15 orang sampai 30 orang. Tentunya hal ini akan menimbulkan masalah dalam konsentrasi belajar. Lalu berapa idealnya? Idealnya siswa perkelas untuk menunjang kenyamanan belajar adalah di bawah 10 orang. Maka itu carilah bimbingan belajar dengan jumlah siswa perkelas di bawah 10.



Ketiga, Pilih bimbel dengan  Pastikan bahwa fasilitas yang dijanjikan sesuai dengan kenyataan karena tidak sedikit banyak siswa bimbingan belajar yang merasa dibohongi tentang fasilitas misalnya di tempat bimbel di lengkapi hotspot area misalnya kenyataannya tidak atau tiap ruangan sudah ber AC ternyata tidak.



Keempat, Pilihlah bimbel yang memiliki tenaga pengajar yang berpengalaman, baik secara akademik maupun berpengalaman menangani anak secara baik. Tanyakan berapa pengalaman tenaga pengajarnya? Jika lebih dari 3 tahun, sebaiknya jangan ragu. Namun jika pengalaman mengajarnya di bawah 1 tahun sebaiknya dipikirkan kembali.



Kelima , Jangan memilih bimbingan belajar yang menawarkan konsep instan. Misalnya menggunakan rumus cepat dll. Hal ini akan membuat pengetahuan anak tumpul dan tidak bermakna. Carilah bimbingan belajar yang mengedepankan konsep dan logika berpikir secara baik. Sehingga pemahaman siswa/i akan materi pelajaran akan menyeluruh, artinya ketika ada soal bagaimanapun akan bisa teratasi dan bisa diselesaikan dengan baik.

0 Response to "Tips Memilih Bimbingan Belajar yang Tepat"

Posting Komentar